Language:
Berita
Senin, 20 Juni 2011 15:27
Warga Mulai Kesulitan Air Bersih

SAMPIT, KOMPAS.com - Warga lima desa di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam sepekan terakhir kesulitan air bersih.
Warga desa yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih itu tinggal di Desa Parebok, Besawang, Lempuyang, Regei Lestari dan Kuin Permai, kata Camat Teluk Sampit, Sukarnedi, di Sampit, Selasa (21/6/2011).

Memasuki musim kemarau seperti saat ini mata air di daerah itu tidak layak dikunsumsi karena berubah menjadi asin akibat letaknya berada di pesisir.

Ratusan warga di lima desa itu untuk sementara waktu ini hanya memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan air minum dan memasak sehari-hari yang sebelumnya sempat mereka simpan pada beberapa bulan lalu.

Stok air hujan di penampungan milik warga sekarang sudah mulai menipis, jika tidak segera diberikan pasokan air bersih dikhawatirkan warga akan menggunakan air yang tidak sehat dan tidak layak kunsumsi.

Pihak kecamatan telah meminta bantuan kepada pihak perusahaan air minum daerah (PDAM) Kotawaringin Timur untuk memasok air bersih ke daerah itu, namun hingga saat ini belum dikirim.

Menurut Sukarnedi, alasan pihak PDAM tidak dapat memasok air bersih ke daerah tersebut karena armada angkutan yang mereka miliki sudah tua sehingga tidak dapat menumpuh perjalanan yang jauh, apa lagi akses jalan menuju ke wilayah tersebut sekarang dalam kondisi rusak.

Kelangkaan air bersih di lima desa itu harus segera diatasi, sebab sekarang sebagian warga sudah ada yang menggunakan air seadanya dan tidak layak untuk dikunsumsi.

"Dalam waktu dekat kami akan meminta bantuan ke pemerintah daerah secara tertulis untuk memasok air bersih ke daerah itu dan harapan kami pihak PDAM bersama Dinas Pekerjaan Unum bisa membantu mengatasi krisi air bersih," katanya.

Krisis air bersih membutuhkan penanganan yang cepat dan serius, sebab apa bila tidak dampaknya akan terjadi serangan penyakit diare karena masyarakat menggunakan air yang tidak layak kunsumsi.

**

Dipublikasikan Kompas.com, 21 Juni 2011


« Back to archive Berita | | |
Berita Linked
List Comment
Comment
Name :
Email :
Website :
Title Comment :
Comment :
Code :
Letter code above the input fields bellow
 
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno