Language:
Berita
Rabu, 18 April 2012 13:25
Presiden Tetapkan Wilayah-Wilayah Sungai

Sampai Kapan DKI Jakarta Harus Tergantung Air Citarum?
http://sigapbencana-bansos.info/berita/20484-presiden-tetapkan-wilayah-wilayah-sungai.html
Kamis, 19 April 2012 13:19

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tanggal 18 April lalu, telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 12 Tahung 2012 yang mengatur ketentuan mengenai Penetapan Wilayah Sungai di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sesuai Keppres tersebut, Presiden menetapkan Wilayah Sungai, yang terdiri satu atau lebih Daerah Aliran Sungai (DAS), dan/atau pulau-pulau kecil, yang meliputi Wilayah Sungai Lintas Negara, Wilayah Sungai Lintas Provinsi, Wilayah Sungai Strategis Nasional, Wilayah Sungai Lintas Kabupaten/Kota, dan Wilayah Sungai Dalam Satu Kabupaten/Kota (dimuat dalam Lampiran Keppres).

Dalam Keppres itu juga ditetapkan, bahwa Daerah Aliran Sungai (DAS) yang berada pada pulau atau pulau-pulau kecil (kepulauan) yang belum memiliki nama dan tidak tercantum dalam daftar DAS pada Lampiran Peta Wilayah Sungai dalam Keputusan Presiden, keberadaannya termasuk bagian dari Wilayah Sungai yang didasarkan pada batas Wilayah Sungai.

Pengelolaan sumber daya air untuk pulau-pulau kecil yang tidak tercantum pada peta sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan Presiden ini, menjadi satu kesatuan pengelolaan dengan sumber daya air pada wilayah sungai yang berada pada wilayah administrasi yang bersangkutan.

Penetapan Wilayah Sungai sebagaimana dimaksud dalam Lampiran Keputusan Presiden ini, dilaksanakan dengan tetap menjamin kebutuhan air baku bagi kepentingan Jakarta sebagai Ibukota NKRI.

Keppres Nomor 12 Tahun 2012 ini juga menegaskan, bahwa penetapan Wilayah Sungai dapat ditinjau kembali apabila ada perubahan fisik dan/atau nonfisik di Wilayah Sungai yang bersangkutan, yang mengakibatkan perubahan batas Wilayah Sungai dan/atau perubahan kelompok Wilayah Sungai.


« Back to archive Berita | | |
Berita Linked
List Comment
Comment
Name :
Email :
Website :
Title Comment :
Comment :
Code :
Letter code above the input fields bellow
 
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno