Language:
Advokasi
Rabu, 16 Maret 2011 14:04
Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program

Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP), merupakan pinjaman yang diberikan oleh Asian Development Bank (ADB), untuk memperbaiki wilayah sungai Citarum yang berada di Jawa Barat, sebesar US$ 500 juta. Proses persiapan ICWRMIP telah berlangsung sejak tahun 2004, melalui Technical Assistance (TA) yang diberikan oleh ADB sebesar US$ 1 juta.Pada tanggal 4 Desember 2008, Dewan Direktur ADB menyetujui pendanaan ICWRMIP untuk tahap I sebesar US$ 50 juta. Salah satu hasil yang diharapkan dari pinjaman ICWRMIP tahap I ini adalah meningkatnya pasokan air untuk wilayah Jakarta  dari Kanal Tarum Barat .

Berdasarkan analisa yang dilakukan oleh KRuHA dan kelompok masyarakat lainnya seperti Bank Information Centre (BIC), DebtWATCH, melihat bahwa ada beberapa persoalan terkait dengan ICWRMIP  baik dari sisi pinjaman itu sendiri maupun dari sisi substansi pinjaman. Dari sisi pinjaman, ADB bertindak tidak sesuai dengan kebijakan yang sudah mereka buat yaitu Involuntary Resettlement Policy-IRP (1995) dan Public Communication Policy-PCP (2003).

Dari sisi substansi pinjaman, ICWRMIP didasarkan atas konsep Integrated Water Resources Management (IWRM), namun ADB tidak menunjukkan bukti empiris terkait dengan keberhasilan IWRM baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. Terkait dengan hal tersebut di atas, KRuHA bersama kelompok masyarakat sipil lainnya mencoba melakukan advokasi terhadap ICWRMIP, yang dimulai sejak bulan Maret 2008.


« Back to archive Advokasi | | |
Advokasi Linked
List Comment
Comment
Name :
Email :
Website :
Title Comment :
Comment :
Code :
Letter code above the input fields bellow
 
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno