Language:
Advokasi
Senin, 14 Maret 2011 10:28
Merebut Kembali Mata Air Watu Pawon

Sumber air Watu Pawon terletak di Kabupaten Karang Anyar Jawa Tengah. Sumber air tersebut, merupakan salah satu sumber yang selama ini digunakan oleh masyarakat untuk mengaliri sawah dan kebutuhan air bersih. Sebagai salah satu sumber air yang cukup besar, PDAM Kabupaten Karang Anyar pada tahun 2009 kemudian berinisiatif untuk memanfaatkan sumber tersebut untuk memasok kebutuhan air bersih bagi pelanggannya. Dari sinilah kemudian muncul penolakan dari masyarakat atas rencana PDAM Kabupaten Karang Anyar tersebut.

Merespon situasi tersebut, masyarakat yang menggunakan sumber air Watu Pawon, bersama dengan KRuHA dan Jaringan Pengelola Air Berbasis Komunitas melakukan serangkaian aktivitas untuk menolak rencana tersebut.Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan diskusi bersama kelompok tani yang menggunakan Watu Pawon sebagai sumber air irigasi mereka. Dalam diskusi ini dijelaskan tentang rencana pengambilan air yang akan dilakukan oleh PDAM Karang Anyar dan melihat dampak-dampak negatif yang akan muncul jika rencana tersebut berhasil. Berdasarkan diskusi-diskusi tersebut, masyarakat kemudian bersepakat untuk membuat Forum Masyarakat Penyelamat Watu Pawon yang terdiri kelompok tani, aparat pemerintah desa, tokoh pemuda, dan tokoh agama). Selain itu juga dilakukan survey di sekitar sumber Watu Pawon yang dimaksudkan untuk mendapatkan dukungan data dan fakta yang akan digunakan oleh Forum Masyarakat Penyelamat Watu Pawon untuk menyatakan sikap penolakan .

Kemudian Forum Masyarakat Penyelamat Watu Pawon membuat surat penolakan yang ditandatangai bersama masyarakat lain yang berada di 20 desa di Kecamatan . Mojogedang, Ngargoyoso dan Karangpandang. Surat penolakan tersebut dikirimkan kepada Bupati Karanganyar, DPRD Karanganyar, Direktur PDAM Karanganyar, Ketua Pusat Lingkungan Hidup UNS (Universitas Sebelas Maret Solo). Atas penolakan tersebut, PDAM Karang Anyar membatalkan rencana untuk mengambil air dari sumber Watu Pawon.

Upaya masyarakat tersebut telah berhasil menggagalkan hasrat PDAM Karang Anyar untuk memanfaatkan sumber air Watu Pawon.


« Back to archive Advokasi | | |
Advokasi Linked
List Comment
Comment
Name :
Email :
Website :
Title Comment :
Comment :
Code :
Letter code above the input fields bellow
 
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno