Language:
Privatisasi Air
Kamis, 17 Maret 2011 17:22
Komersialisasi, Komodifikasi dan Privatisasi

Komersialisasi mengacu pada proses dimana mekanisme pasar dan praktek pasar diperkenalkan pada pengambilan keputusan operasi dari pelayanan publik, misalnya maksimalisasi keuntungan, pemulihan biaya, dan lain-lain (McDonald and Ruiter,2005).

Komodifikasi adalah proses merubah barang atau layanan yang sebelumnya merupakan subyek yang mengikuti aturan sosial non-pasar menjadi suatu subyek yang mengikuti aturan pasar (Gleick, 2002).

Bentuk institusi yang populer dari komersialisasi adalah korporatisasi, dimana pelayanan dibatasi menjadi unit bisnis yang berdiri sendiri yang dimiliki dan dioperasikan oleh negara tetapi dijalankan dengan prinsip-prinsip pasar. Lalu bagaimana kaitan antara korporatisasi dengan privatisasi?

Selasa, 15 Maret 2011 22:35
Menggugat Praktek Privatisasi Air di Indonesia

Kurang lebih enam tahun yang lalu, tepatnya 9 Juni 2004, beberapa kelompok masyarakat sipil di Indonesia mengajukan gugatan uji materiil atas Undang-Undang No.7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI). Dalam cara pandang masyarakat sipil UU tersebut bertujuan untuk menghapus air sebagai barang sosial menjadi barang komersial dan berpotensi untuk memicu konflik diantara masyarakat serta menjauhkan akses masyarakat miskin untuk bisa mendapatkan air.


Selasa, 15 Maret 2011 22:14
Sejarah Keterlibatan Swasta dalam Peyediaan Layanan Air Bersih di Indonesia

Seperti negara berkembang lainnya, sistem penyediaan air minum di Indonesia kebanyakan merupakan warisan kolonial. Sebagai contoh PDAM Kota Semarang yang didirikan pada tahun 1911, PDAM Kota Solo yang didirikan pada tahun 1929, PDAM Kota Salatiga tahun 1921, dan PAM Jaya yang sudah berdiri sejak tahun 1843. Tahapan selanjutnya cikal bakal PDAM ini menjadi bagian dari Dinas Pekerjaan Umum dan baru pada sekitar tahun 60-an dan 70-an berubah menjadi PDAM.


Selasa, 15 Maret 2011 15:14
Privatisasi Air

Privatisasi air adalah berpindahnya pengelolaan air baik sebagian maupun seluruhnya dari sektor publik kepada sektor swasta. Kurang lebih dua dekade terakhir ini, privatisasi air menjadi salah satu isu pembangunan yang paling kontroversial.

Bagi para pendukungnya privatisasi air dipandang sebagai cara yang paling pantas untuk mengatasi persoalan keteraksesan masyarakat terutama masyarakat miskin untuk memperoleh air bersih. Selain itu privatisasi air juga dipandang akan membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan air yang selama ini dikelola oleh sektor publik.


Selasa, 15 Maret 2011 15:11
Sejarah Sistem Penyediaan Air Bersih

Sistem penyediaan layanan air bersih di negara-negara Eropa mulai berkembang sejak abad 17, meskipun cakupan pelayanannya masih terbatas terutama hanya untuk masyarakat yang mampu membayar dan pemadam kebakaran. Ketika perkotaan semakin berkembang pada abad 19, kebutuhan akan sistem penyediaan air bersih yang baik dan kesehatan masyarakat mulai menjadi perhatian. Penyediaan layanan air bersih yang awalnya dilakukan oleh swasta mulai diambil alih oleh pemerintah daerah di negara-negara Eropa kecuali Perancis. Tidak mengherankan jika perusahaan air raksasa seperti Suez dan Veolia berasal dari Perancis. Sebagai catatan, pengambil alihan layanan air bersih dari swasta ke publik pada saat itu dikarenakan alasan-alasan efisiensi, biaya, dan isu-isu korupsi. Periode ini dikenal dengan periode munisipalisasi. Periode ini juga berlangsung di Amerika Serikat dimana 82% air bersih di kota-kota besar terlayani oleh operator publik tingkat daerah.


Page: [1 - 1]
1
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno