Language:
Berita
Rabu, 27 April 2011 12:46
Target RKAP meleset, PDAM Sragen merugi Rp 700 juta

Sragen (Solopos.com)–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sragen merugi Rp 700 juta lantaran target rencana kerja angaran perusahaan (RKAP) selama triwulan pertama tidak tercapai.

Selasa, 26 April 2011 13:29
Karyawan PDAM di Palyja Tuntut Kenaikan Gaji
BERITAJAKARTA.COM — 26-04-2011 20:01

Sungguh tragis nasib yang dialami puluhan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya yang diperbantukan di dua operator pelayanan air bersih, PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) dan PT Aetra. Sekitar 50 karyawan yang diperbantukan di dua operator tersebut tidak pernah mendapatkan kenaikan gaji sejak tahun 2003. Sebagai bentuk protes, mereka berunjuk rasa di depan kantor PT Palyja di Central Senayan, Selasa (26/4). Para karyawan ini mendesak agar kedua operator pelayanan air bersih itu menaikkan gaji mereka hingga sebesar 50 persen.


Selasa, 26 April 2011 09:33
Hari Ini Karyawan PDAM Masih Mogok Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 1.300 karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya yang ditempatkan di mitra operator melakukan aksi mogok kerja, Senin (25/4/2011). Mereka merasa dijadikan sapi perahan karena tidak mendapat penghargaan setimpal.Aksi mogok kerja ini berlangsung dua hari, yakni kemarin dan hari ini, Selasa (26/4/2011). Selain mogok kerja, mereka juga akan berunjuk rasa ke Central Senayan. Mereka menuntut kenaikan gaji pokok yang sejak tahun 2003 tidak pernah terjadi.


Selasa, 19 April 2011 15:05
Tolak Pembangunan Pabrik Semen, Ribuan Warga Pati Serbu Kantor DPRD

Pati - Ribuan warga Pati, Jateng menggeruduk kantor DPRD Pati menuntut agar pembangunan pabrik semen di sekitar Pegunungan Kendeng, dibatalkan. Mereka beralasan pabrik tersebut akan merusak lingkungan.


Senin, 28 Maret 2011 10:43
Ibu Butuh Lebih Banyak Air

Jakarta, Kompas - Kebutuhan air orang dewasa 2 liter, yakni sekitar 8 gelas belimbing per hari. Namun, ibu hamil perlu 8-10 gelas air dan ibu menyusui setidaknya 13 gelas air per hari.

Ketua Departemen Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Budi Iman Santoso, dalam simposium Hidrasi dan Kesehatan di Jakarta, Sabtu (26/3), menjelaskan, tambahan air bagi ibu hamil diperlukan untuk mendukung sistem sirkulasi dan menjaga keseimbangan cairan ketuban yang menopang gerak janin agar berkembang simetris.


Minggu, 27 Maret 2011 12:38
Masyarakat Terus Gaungkan Penolakan (Pembangunan Pabrik Semen)

PATI, KOMPAS - Penolakan masyarakat Kecamatan Tambakromo, Kayen, dan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terhadap rencana pendirian pabrik semen terus berlanjut. Mereka berkomitmen mempertahankan kelestarian lingkungan hidup di Pegunungan Kendeng Utara itu demi generasi mendatang dari ancaman kerusakan lingkungan.

Perwakilan Gabungan Pemuda Ngerang (Gamurang), Agus Jatmiko, Minggu (27/3) di Pati, mengatakan, Pegunungan Kendeng Utara yang kaya bahan baku semen menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar. Sebelumnya, PT Semen Gresik mengincar kawasan Sukolilo, dan kini PT Sahabat Mulia Sakti (SMS) sedang menjajaki kawasan Tambakromo.


Kamis, 24 Maret 2011 10:57
Warga Kota Sulit Akses Air Bersih

Warga kota semakin sulit mengakses air bersih. Kondisi DKI Jakarta pun tak lebih baik dari daerah lain. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2010, penduduk Indonesia yang bisa mengakses air bersih secara optimal baru 36,6 persen. Selain itu, ada lima provinsi yang jumlah penduduknya semakin sulit mengakses air bersih yaitu, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Gorontalo, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah. Kondisi terparah justru terjadi di DKI Jakarta.


Kamis, 24 Maret 2011 10:49
Pemerintah Didesak Prioritaskan Air

Saat ini hanya sekitar 50% keluarga Indonesia yang memiliki akses terhadap air bersih seperti termuat dalam laporan terakhir Tujuan Pembangunan Milenium terbitan Bappenas.
Muhamad Reza dari Koalisi Rakyat untuk Hak atas Air Kruha menjelaskan lebih dari separuh penduduk Indonesia tidak memiliki akses air bersih, padahal air merupakan hak masyarakat.


Kamis, 24 Maret 2011 10:14
Catatan Hari Air Dunia 2011

KabarIndonesia - Di Jakarta, miringnya banyak gedung bertingkat, munculnya rongga di gedung, dan banyaknya ruas jalan yang ambles adalah konsekuensi logis dari eksploitasi air tanah secara berlebihan dan terus-menerus, serta makin besarnya beban tanah akibat berat bangunan yang mendorong terjadinya pemampatan lapisan tanah.

Dalam "Will Jakarta Be The Next Atlantis", Nicola Colbarn menyatakan, jika pemanfaatan berlebihan tidak dapat dihentikan, dan pemerintah tidak menjalankan komitmennya terhadap penggunaan air tanah yang berkelanjutan, maka pada tahun 2030, Jakarta akan menjadi Atlantis kedua, tenggelam dan hilang (Kompas, 20/9/10).


Selasa, 22 Maret 2011 18:35
Indonesia Krisis Air Bersih

Komhukum (Jakarta) - Hari air dunia yang jatuh pada hari ini, Selasa (22/3/11), diperingati oleh beberapa elemen masyarakat dengan menggelar aksi unjuk rasa di bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Mereka menilai bahwa negara telah lalai memberikan akses air bersih dan sanitasi bagi seluruh rakyatnya.

Reza, aktivis Koalisi Rakyat untuk Hak atas Air (KRuHA) mengatakan bahwa pembangunan sektor sumber daya air sebagai prioritas utama pembangunan di Indonesia, lalai dijalankan negara.


Rabu, 16 Maret 2011 23:54
136 Anak Meninggal Setiap Hari Akibat Buruknya Pengelolaan Air

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Air merupakan kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Data World Bank menyebutkan 136 anak meninggal karena pengelolaan air yang buruk. Padahal air telah menjadi hak asasi setiap warga negara. Ini berdasarkan Resolusi PBB pada Juli 2010, dimana Indonesia turut mendukung keputusan tersebut.

Sebagai negara yang kaya akan air melimpah, Indonesia diperkirakan masih surplus air hingga 2015 sebanyak lebih dari 300 juta M kubik.Sayangnya pengelolaan sumber daya air yang kurang maksimal justru kita menyebabkan defisit air.

"Pengelolaan yang buruk mengutip data World Bank pada tahun 2010 mengakibatkan tidak kurang dari 136 anak meninggal setiap harinya di Indonesia," ungkap Hamong Santono Koordinator Nasional Koalisi Rakyat untuk Hak atas Air (KRuHA) kepada Tribun di Jakarta, Senin (14/3/2011).


Rabu, 16 Maret 2011 18:46
Kinerja Operator Swasta Mengecewakan

JAKARTA (Suara Karya): Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja dua operator air bersih mitra PAM Jaya, PT Aetra Air Jakarta dan Pam Lyonnaise Jaya (Palyja). Sebab, berdasarkan hasil evaluasi kontrak kerja sama, banyak hal yang tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Dengan demikian, kenaikan tarif air bersih yang mereka usulkan tidak bisa dilakukan. Apalagi tarif di Jakarta sudah cukup tinggi dibanding kota-kota lain. Memang, dalam kontrak kerja itu, setiap satu tahun harus ada kenaikan tarif air minum sebanyak dua kali. "Itu yang tidak bisa kita penuhi dan mustahil dilaksanakan," ujar Fauzi Bowo usai paparan kinerja PAM Jaya dan dua operator mitranya di Balai Kota, Rabu (16/3).


Rabu, 16 Maret 2011 15:21
Pengelolaan Air Bersih Masih Buruk

Jurnas.com | MINIMNYA ketersedian akses air di masyarakat ternyata disebabkan karena masih sistem pengelolaan yang buruk. Hamong Santono, Kordinator Nasional dari Koalisi Rakyat untuk Hak Air (KRuHA), mengatakan, air merupakan kebutuhan vital dan mendasar dalam kehidupan sehari-sehari.

Namun sayang, hingga kini, di sejumlah daerah ketersediaan akses akan air bersih, kondisinya masih memprihatinkan. ''Permasalahan sekarang yang dihadapi Indonesia adalah akes air. Secara umum, persoalan terbesar karena masalah pengelolahan, mulai dari hulu hingga hilir,'' kata Hamong dalam diskusi publik bertajuk 'Water That Kills', di Jakarta, Selasa (15/3).


Selasa, 15 Maret 2011 17:50
Cara Sederhana Hemat Air ala Farhan

VIVAnews - Manusia tak akan pernah bisa hidup tanpa air. Beragam manfaatnyapun dapat memengaruhi sejumlah aktivitas vital manusia untuk bisa bertahan hidup. Maka tak heran, banyak orang berusaha melakukan penghematan air, apalagi kini, keberadaan air bersih yang layak menjadi sesuatu yang langka.

Menyadari kelangkaan air, presenter dan juga penyiar radio, Farhan selalu menerapkan disiplin hemat air dalam keluarganya. Apalagi dalam sejarah kehidupannya, Farhan pun sempat merasakan sulitnya mendapatkan air bersih.


Selasa, 15 Maret 2011 17:13
Atiqah Hasiholan Ajak Masyarakat Hemat Air

TIDAK kurang dari 136 anak Indonesia meninggal setiap hari akibat kekurangan air bersih, yang disebabkan pengelolaan Sumber Daya Air yang kurang maksimal. Kenyataan ini ikut menampar kepedulian aktris Atiqah Hasiholan yang serta-merta mengajak masyarakat lebih menghemat penggunaan air.

Kampanye ini dimaksudkan untuk menularkan perilaku baik kepada orang lain, yang pada awalnya dimulai dari diri sendiri terlebih dulu. Misalnya saat kesadaran buang sampah pada tempatnya dilakukan semua orang, maka begitu juga dengan kesadaran menghemat air, sahut bintang "Ruma Maida" ini kepada okezone saat acara temu media Water That Kills oleh Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (KRuHA) di Cafe Au Lait, Menteng, Jakarta, Selasa (15/3/2011).


Selasa, 15 Maret 2011 15:59
KRuHA Gelar Kampanye Air Sebagai Hak Asasi Manusia

Keberadaan air dalam kehidupan manusia sangat krusial dimana beragam manfaatnya dapat mempengaruhi sejumlah aktivitas vital manusia untuk bertahan hidup. Namun keberadaan air bersih yang layak dan dapat menunjang aktivitas tersebut kini menjadi sesuatu yang langka. Buruknya kualitas air dan sanitasi telah mengakibatkan penyakit global yang menelan ribuan korban jiwa, termasuk di Indonesia. Menurut data dari World Bank tahun 2008, sekitar 50.000 jiwa per tahun atau tidak kurang dari 136 jiwa meninggal setiap harinya karena defisit akses air bersih. Sedangkan di dunia terdapat setidaknya 900 juta orang tidak memiliki akses air bersih dan 2,6 milyar tidak memiliki akses sanitasi.


Senin, 14 Maret 2011 09:41
Access to Clean Water as Human Right

Sixty-fourth General Assembly Plenary 108th Meeting (AM)
General Assembly Adopts Resolution Recognizing Access to Clean Water, Sanitation as Human Right, by Recorded Vote of 122 in Favour, None against, 41 Abstentions

Delegates also Confirm Nominee to Head Office Of Internal Oversight Services, Elect Belarus to UNEP Governing Council
By a vote of 122 in favour to none against, with 41 abstentions, the General Assembly today adopted, as orally revised, a resolution calling on States and international organizations to provide financial resources, build capacity and transfer technology, particularly to developing countries, in scaling up efforts to provide safe, clean, accessible and affordable drinking water and sanitation for all.


Senin, 14 Maret 2011 07:19
Media Statement of the Water Justice Movement

February 10th, 2011
World Social Forum in Dakar, Senegal

“As water justice advocates from five continents gathered together in Dakar, Senegal for the World Social Forum, we applaud Bolivian President Evo Morales’ proposed United Nations declaration to block the sale of public water service to private companies.


Senin, 14 Maret 2011 07:10
Indonesia Akan Pasok Air Bersih ke Singapura

TEMPO Interaktif, Jakarta Krisis air dan energi menghantui Singapura pada tahun 2015. Tak urung, negara ini mulai mencari bantuan ke negara tetangga termasuk Indonesia. "Kalau terus berkembang, tahun 2015 mereka akan semakin kekurangan," ujar Deputi Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Perekonomian Lucky Eko Wuriyanto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/1)
Rencananya, pemerintah Singapura akan mendapatkan pasokan air bersih dan energi dari kawasan Batam, Bintan dan Karimun. Sebagai gantinya, Singapura akan membantu pengembangan wilayah yang masih terkendala masalah infrastruktur itu.


Senin, 14 Maret 2011 07:04
Warga Padarincang Datangi Kedubes Perancis

SERANG - Puluhan warga Padarincang didampingi sejumlah LSM mendatangi kantor Kedutaan Besar Perancis di Jakarta terkait penolakan pembangunan pabrik Aqua di Padarincang, Kamis (17/2).

LSM yang mendampingi mereka di antaranya adalah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Pusat, Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (KRuHA).


Page: [2 - 2]
2
Minggu, 20 Maret 2011 13:51
Kemelut Sumberdaya Air; Menggugat Privatisasi Air di Indonesia

Kitab  ini adalah semacam lonceng bangun pagi (wake up call) untuk  mengingatkan...


Minggu, 20 Maret 2011 12:56
Air Sebagai Layanan Publik

Air Sebagai Layanan Publik mencoba mendeskripsikan kembali sejarah penyediaan layanan air...



© 2011 copyright Kruha.org
Best viewed Mozilla, Opera, Google Chrome
All Rights Reserved. Powered by oneTechno