Panduan untuk Komunitas dan Penggerak Masyarakat Merebut Hak Atas Air

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Dunia telah menyaksikan peniadaan yang meluas terhadap hak atas air, baik di negara berkembang maupun di negara maju. Lebih dari satu miliar orang tidak memiliki akses terhadap air yang memadai, 80 % diantaranya merupakan penduduk pedesaan. Kontaminasi akibat buruknya sanitasi dan laju industrialisasi, penipisan kandungan serta distribusi yang tidak seimbang memperburuk kemiskinan yang telah ada. Negara harus melaksanakan suatu tindakan efektif untuk merealisasikan, tanpa diskriminasi, hak atas air dan sanitasi.

Hak asasi manusia atas air tidak bisa diabaikan dalam meraih suatu kehidupan yang bermartabat. Hak atas air merupakan kebutuhan awal bagi pemenuhan hak asasi manusia lainnya. Hak atas air memberikan hak kepada setiap orang atas air yang memadai, aman, bisa diterima, bisa diakses secara fisik dan mudah didapatkan untuk penggunaan personal dan domestik. Jumlah air yang memadai diperlukan untuk mencegah kematian karena dehidrasi, untuk mengurangi resiko penyakit yang berkaitan dengan air, serta digunakan untuk konsumsi, memasak, dan kebutuhan higenis.

Bagi negara berkembang seperti Indonesia, setidaknya terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam kerangka memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh warganya, yaitu pertama persoalan infrastruktur yang meliputi persoalan bagaimana menjaga dan memperluas jaringan infrastruktur yang telah tersedia. Hal ini terkait dengan pembiayaan infrastruktur termasuk tarif dan kecakapan penyedia layanan dalam hal efisiensi dan produktivitas layanan. Tantangan kedua, dengan memahami air bersih sebagai kebutuhan dasar persoalan sosial politik menjadi bagian yang tidak terpisahkan, misalnya tarif yang terjangkau, transparan dan akuntabel. Terakhir adalah persoalan lingkungan dan kesehatan publik, dimana konservasi dan pengelolaan lingkungan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam penyediaan layanan air.

Lalu apa yang harus dan dapat dilakukan oleh komunitas dan para penggerak masyarakat untuk mendorong pemenuhan Hak Atas Air di Indonesia?

Unduh dan baca lebih lanjut dari ringkasan Panduan untuk Komunitas dan Penggerak Masyarakat yang disusun oleh Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air melalui tautan berikut: https://drive.google.com/file/d/1W65ZvR5U_P9L7Tw7FcCnyM2qSJddIMOh/view?usp=sharing

Informasi Lainnya :